Senin, 07 Oktober 2019

RESUME SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PAI/FTIK IAIN PONTIANAK DI PERPUSTAKAAN IAIN PONTIANAK

NAMA : BAYU
NIM : 11901105
FAKULTAS/KELAS: TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN/ A

RESUME SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PAI/FTIK IAIN PONTIANAK
DI PERPUSTAKAAN IAIN PONTIANAK

1. COVER/SAMPUL
    A. JUDUL
      PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI SIFAT TERPUJI MELALUI STRATEGI VIDEO SESSION PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011.
    B. PENULIS
      TUTI MINARNI

2. MOTO
    '' Bertakwalah kepada Allah dimana saja engkau berada. Iringilah kesalahan dengan kebaikan, niscaya itu akan menghapus kesalahan. Dan bergaulah bersama manusia dengan akhlak yang bail''
(H.R . TARMIDZI )

3. ABSTRAK
     Peningkatan pemahaman siswa tentang materi sifat terpuji melalui strategi video session pada siswa kelas III di sekolah dasar negeri  14 Pontianak kota. Skripsi Pontianak jurusan Tarbiyahh Sekolah tinggi agama isam negeri Pontianak, 2011. Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan pemahaman siswa tentang mencari sifat antara sebelum menggunakan strategi video session dan setelah menggunakan strategi video session pada siswa kelas III di sekolah dasar negeri 14 Pontianak kota, Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.

4. DAFTAR ISI
     PERSETUJUAN PEMBIMBING
     KATA PENGANTAR
     DAFTAR ISI
     DAFTAR TABEL
     DAFTAR LAMPIRAN

BAB I: PENDAHULUAN
     A. Latar belakang
     B. Identifikasi masalah
     C Pembatasan masalah
     D. Masalah dan sub masalah
     E. Tujuan peneltian
     F. Manfaat penelitian
        1. Secera teoritis
        2. Secara praktis
   
BAB II: PEMAHAMAN SISWA DAN STRATEGI VIDEO SESSIOMN
     A. Pemahaman siswa
         1. Penertian strategi pembelajaran
         2. Tolak ukur dalam mengerti pemahaman siwsa
         3. Langkah-langkah dalam meningkatkan pemahaman siswa
     B. Straegi pembelajaran video session
         1. Strategi pembelajaran
           A. Pengertian strategi pembelajaran
           B. Aspek-aspek strategi belajar-mngajar
           C. Komponen strategi belajar mengajar
          2. Strategi video session
     C. Sifat terpuji
     D. Hipotesis tindakan

BAB III: METODE PENELITIAN
     A. Pendidikan dan jenis penelitian
         1. Perencanaan
         2. Pelaksanaan
         3. Pengamatan
         4. Repleksi
     B. Variabel penelitian dan definisi operasional
         1. Variabel penelitian
         2. Definisi operasional
     C. Populasi penelitian
     D. Waktu dan tempat penelitian
         1. Waku penelitian
         2. Tempat penelitian
     E. Analisi data
         1. Reduksi data
         2. Penyajian data
         3. Verifikasi dan penarikan kesimpulan

BAB IV: GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
     A. Gambaran lokasi penelitian
         1. Letak geografis
         2. Sejarah singat sd negeri 14 pontianak
         3. Visi misi sd negeri 114 pontianak
         4. Tenaga pengajar di sd negeri 14 pontianak
         5. Kegiatan belajar mengajar
         6. Keadaan siswa sd negeri 14 pontianak
         7. Sarana dan prasarana sd negeri 14 pontianak
     B. Analisis dan pembahasan
         1. Pra tindakan
             A. Perencanaan pra tindakan
             B. Pelaksanaan pra tindakan
             C. Hasil pengamatan (Observasi)
             D. Refleksi pra tindakan
         2. Siklus I
             A. Perencanaan siklus I
             B. Pelaksanaan tindakan siklus I
             C. Observasi siklus I
             D. Refleksi siklus II
         3. Siklus II
             A. Perencanaan siklus II
             B. Pelaksanaan tindakan siklus II
             C. Observasi siklus II
             D. Refleksi siklus II
     C. Pembahasan hasil penelitian
     D. Keterbatasa  enelitian

BAB V: PENUTUP
     A. Kesimpulan
     B. Saran
DAFTAR PUSTAKA

5. KUTIPAN
     1. Abu Ahmadi dan Widodo Supriyanto (1991:105), Mengemukakan langkah dalam meningkatkan pemahaman siswa
      A. Memperbaiki proses pembelajaran merupakan langkah awal dalamm meningkatkan proses pemahaman siswa dalam belajar
      B. Adanya kegiatan bimbingan belajar merupakan bantuan belajar yang di berikan kepada individu tertentu agar dapat mencapai tarap perkembangan dan kebahagian secaraa oftimal
      C. Penambahan waktu belajar dan mengajar feed back, merupakan umpan atau cara baik dalam belajar
      D. Motivasi belajar merupakan tujuan jiwa untuk mendorong individu untuk berkreativitas dan aktif belajar sehngga mencapai tujuan yang dii capai
(Abu Ahmadi dan Widodo Supriyanto.(1991). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Sinar baru. Algesindo)

     2. Basuki Widodo (2004:15), Penelitian tindakan kelas PTK adalah suatu penelitian yang di lakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai aksi
(Basuki widodo. (2004), Penelitian tindakan kelas ,Jakarta: Direktorat tenaga kependidikan)

     3. Harun Rasyid (19999:53), Variabel adalah suatu konsep yang di pilih untuk di teliti dan di uji kebenarannya secera impirik
(Harun rasyid (19999). Metode penelitian bidang ilmu sosial dan agama: pontianak: STAIN)

     4. Hadari Nawawi (2003:14), Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang dapat terdiri dari mnusia, benda-benda, hewan dan tumuh-tumbuhan
(Hadari Nawawi (2003) Metode penelitian bidang sosial Yogyakarta. Gajah mada University Pers)

     5. Hadari Nawawi (2005), Variabel penelitian adalah aspek-aspek atau faktor-faktor yang dapat di kemukakan secara terperinci bidang sosial
(Hadari Nawawi (2005) Metode penelirian bidang sosial Yogyakarta Gajah Mada University Pers)

     6. Lexy J. Maeloeng (2005), Analisis data adalah menata data yang terkumpul dari observasi dan catatan lapangan
(Lexy J. Maeloeng (2005) Metode penelitian kualitatif Bndung: Remaja Rosdakarya)

     7. Tohirin (2006:152), Mengemukakan tiga macam pemahaman yaitu pemahaman terjemahan, pemahaman penafsiran dan pemahaman ekstrapotasi
(Tohirin (2006) Psikologi pembelajaran pendidikan agama islam, Jakarta: Pt. Rajagrafindo persada)

     8. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2006:120), Daya serap terhadap pengajaran yang di ajarkan mencapai prestasi tinggi baik secara individual atau kelompok
( Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2006). Strategi belajar mengajar, penerbit Rineka(Ipta , Jakarta)

     9. W. Gulo (2002:1), Istilah strategi merupakan cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk mencapai tujuan perang dalam istilah perang
(W. Gulo (2002), Strategi belajar mengajar, Jakarta: Pt. Grasindo)

     10. Qemar Hamalik (1990:2), Strategi belajar mengajar adalah berdasarkan pengalaman diri sendiri atay pengalaman dalam bentuk permainan dan stimulasi
(Qemar Hamalik (1990), Psikologi belajar dan mengajar, bandung: Sinar baru Al gesindo)

6. DAFTAR PUSTAKA
     1.(Abu Ahmadi dan Widodo Supriyanto.(1991). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Sinar baru. Algesindo)
    2. (Basuki widodo. (2004), Penelitian tindakan kelas ,Jakarta: Direktorat tenaga kependidikan)
    3. (Harun rasyid (19999). Metode penelitian bidang ilmu sosial dan agama: pontianak: STAIN)
    4. (Hadari Nawawi (2003) Metode penelitian bidang sosial Yogyakarta. Gajah mada University Pers ) 
    5. (Hadari Nawawi (2005) Metode penelirian bidang sosial Yogyakarta Gajah Mada University Pers)
    6. (Lexy J. Maeloeng (2005) Metode penelitian kualitatif Bndung: Remaja Rosdakarya)
    7. (Tohirin (2006) Psikologi pembelajaran pendidikan agama islam, Jakarta: Pt. Rajagrafindo persada)
    8. ( Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2006). Strategi belajar mengajar, penerbit Rineka(Ipta , Jakarta)
    9. (W. Gulo (2002), Strategi belajar mengajar, Jakarta: Pt. Grasindo)
   10. (Qemar Hamalik (1990), Psikologi belajar dan mengajar, bandung: Sinar baru Al gesindo)

1


2

3


4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar